Jumat, 24 April 2009

Karakteristik Manajemen Seorang Pemimpin

Tidak semua orang terlahir sebagai pemimpin. Hanya sedikit orang yang secara natural memiliki bakat sebagai seorang pemimpin. Kebanyakan orang justru malah menghindar dari tugas memimpin. Namun, kepemimpinan tidak hanya bergantung pada bakat semata, tapi bisa dipelajari, dibangun dan dilatih. Sehingga tidak menutup kemungkinan bagi setiap orang untuk bisa menjadi pemimpin, seberapapun besar atau kecil skala kepemimpinannya.
Kepemimpinan adalah aspek yang seringkali dibutuhkan dalam dunia kerja, apapun posisinya. Contohnya; akan ada ketika Anda harus mengambil alih sebuah situasi seperti mensupervisi pekerjaan rekan kerja, atau ketika Anda harus bekerja tanpa micromanagement dari atasan langsung Anda. Dalam hal sekecil apapun kepemimpinan adalah karakteristik yang dibutuhkan seorang professional.

Dalam karir, ketika Anda dipercaya memegang sebuah posisi yang mengharuskan Anda memimpin, Anda akan dihadapkan dengan tugas mengelola anak buah, menginspirasi dan memotivasi mereka, menciptakan pendekatan positif dalam memimpin mereka dan menciptakan suasana kerja yang kondusif. Terdengar intimidating tetapi bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Begitu banyak tips, trick, studi kasus, solusi yang bisa menjadi guidelines Anda agar bisa menjadi pemimpin yang baik, namun tahukah Anda karakteristik manajemen yang baik seorang pemimpin?

1. Mampu melakukan delegasi pekerjaan.
Regenerasi seringkali jadi masalah karena tak seorangpun dari anak buah memahami dan menguasai tugas pemimpin mereka walaupun mereka telah bertahun-tahun berada di bawah kepemimpinan yang sama. Sesungguhnya seorang pemimpin yang baik percaya akan kemampuan anak buahnya sehingga tidak keberatan untuk mendelegasikan sebagian pekerjaan atau problem untuk dikerjakan dan diatasi anak buahnya. Biarkan mereka melakukan tanggung jawab yang telah Anda bebankan kepada mereka tanpa interfensi berlebihan yang justru malah bisa membuat anak buah Anda tidak percaya diri. Sebagai seorang pemimpin Anda memiliki tugas untuk mengembangkan keterampilan dan rasa percaya diri anak buah Anda sehingga suatu saat nanti, regenerasi tidak menjadi masalah bagi departemen Anda.

2. Mengetahui cara yang tepat untuk mendukung anak buahnya.
Setiap professional akan dihadapkan dengan masalah dalam menjalankan pekerjaan mereka. Pemimpin memang bertanggung jawab untuk membantu mereka menyelesaikan masalah, terutama problem yang memang berada dalam level kepemimpinan Anda. Namun jangan lupa bahwa Anda juga bertanggung jawab mendidik mereka untuk mampu mengatasi krisis yang mereka hadapi. Ajarkan mereka memilah masalah yang sesungguhnya bisa mereka atasi sendiri, atau yang harus diketahui oleh atasannya.

3. Memandang anak buah sebagai mitra kerja, bukan sebagai bawahan yang inferior.
Target kerja departemen dan perusahaan tidak akan tercapai tanpa kontribusi mereka. Karena itulah pandanglah dan perlakukan anak buah Anda sebagai anggota pasukan yang membantu Anda mencapai target kerja. Karena itu dengarkan pendapat, saran terutama keluhan mereka.

4. Tidak segan memberikan pujian.
Setiap hasil kerja mereka yang memuaskan, bahkan melebihi pengharapan, pantas mendapatkan pengakuan dan pujian. Hal yang sederhana seperti perkataan "Good job!" akan meningkatkan rasa percaya diri anak buah Anda. Pada akhirnya penghargaan juga akan diberikan kepada Anda sebagai pemimpin yang mampu mengelola anak buah hingga bisa memiliki prestasi yang membanggakan.

5. Memperlakukan anak buah dengan adil.
Setiap anak buah Anda adalah pribadi unik dengan karakter dan sifat mereka masing-masing. Memang ada kecenderungan manusia untuk lebih suka orang dengan karakter tertentu, namun ingatlah bahwa hal ini tidak berlaku bagi Anda sebagai seorang pemimpin. Tugas Anda adalah mengelola mereka mengembangkan potensi mereka agar bisa menjalankan tugas dan tanggung jawab sebaik - baiknya.

Remember! :
Kepemimpinan bukan bicara mengenai posisi saja, tetapi lebih dari itu, ia berbicara tentang fungsi. Sudahkah Anda berfungsi sebagai seorang pemimpin?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ya

Lowongan Kepala Afdeling

Kepala Afdeling PT Union Sampoerna Triputra Persada                          Requirements Berusia antara 25 - 35 tahun Pendidik...