Kamis, 02 April 2009

TEKNOLOGI TEPAT GUNA: Polinela Gelar Seminar Agroindustri

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Dalam rangka dies natalis ke-25 (lustrum ke-5) yang jatuh pada 7 April nanti, Politeknik Negeri Lampung (Polinela) mengadakan Seminar Nasional Teknologi Tepat Guna Agroindustri. Kegiatan tersebut digelar pada 1--2 April di kampus setempat.

Ketua Panitia Ir. Hamdani, M.Si. sekaligus kepala Unit Pernelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (UPPM) mengatakan tema kegiatan Dengan mengadakan Seminar Nasional Teknologi Tepat Guna Agroindustri, kita tingkatkan penelitian dan transfer teknologi tepat guna. Demikian rilis yang diterima Lampung Post Minggu (29-4).

Dia mengatakan ada dua makna penting dalam tema tersebut. Pertama mulai kini Polinela akan mengembangkan penelitian tepat guna, khususnya yang berkaitan dengan agroindustri atau agrobisnis secara umum. Kedua, Polinela bertekad mengembangkan paket teknologi tepat guna (TTG) hasil penelitian sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Termasuk bagaimana teknik mentransfer TTG agar mudah diadopsi pengguna.

Dia mengatakan seminar ini bertujuan meningkatkan peran Polinela dalam mengembangkan teknologi tepat guna agroindustri berbasis sumber daya lokal. Juga, menyebarluaskan hasil-hasil penelitian perguruan tinggi, lembaga penelitian, lembaga swadaya masyarakat agar sampai kepada pengguna dalam hal ini kalangan industri dan instansi pemerintah. Dengan demikian, akan terjadi sinergi antara perguruan tinggi, industri, dan pemerintah dalam hal pengembangan teknologi tepat guna.

Dia menambahkan Polinela sangat mengharapkan terjalinnnya kerja sama untuk saling mendukung antara perguruan tinggi, usahawan bidang agrobisnis, dan Pemerintah Provinisi Lampung termasuk pemerintah kabupaten/kota melalui dinas dan instansi yang terkait.

"Konsep ini kami sebut ABG bersinergi, A berarti akademisi, B maksudnya businesssman atau industri agrobisnis, dan G adalah government (pemerintah)," kata dia. Namun, pihaknya masih perlu komitmen dan perumusan yang jelas mengenai peran dan fungsi pihak masing-masing. n UNI/S-1


http://www.lampungpost.com/cetak/berita.php?id=2009033006390824

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ya

Lowongan Kepala Afdeling

Kepala Afdeling PT Union Sampoerna Triputra Persada                          Requirements Berusia antara 25 - 35 tahun Pendidik...