Kamis, 02 April 2009

Pakar Teknologi Agroindustri Bahas Pertanian di Lampung

BANDAR LAMPUNG : Seminar Politeknik Negeri Lampung (Polinela) tentang teknologi tepat guna agroindustri, hari ini (1-4), menghadirkan pemateri tingkat nasional.

Ketua pelaksana, Hamdani, mengatakan seminar nasional itu merupakan rangkaian dies natalis ke-25 Polinela yang dilaksanakan selama dua hari, Rabu--Kamis (1--2 Maret).

Tiga pemateri utama yang hadir, yakni Agus Puji dari Deputi Dinamika Masyarakat Kantor Menristek akan menjelaskan kebijakan pemerintah tentang pengembangan teknologi tepat guna. Selanjutnya, Endang Gumbira dari Institut Pertanian Bogor (IPB) menjelaskan perkembangan penelitian teknologi tepat guna di Indonesia.

Terakhir M. Arief Yudiarto dari BPPT Bandung memaparkan hasil penelitian tentang peningkatan pendapatan petani melalui produksi bioetanol terintegrasi skala kecil berbasis sorgum manis.

"Selain materi utama ini, juga ada 54 judul hasil penelitian yang akan dipresentasikan dalam seminar nasional besok," kata Hamdani, Selasa (31-3).

Menurut dia, 54 penelitian penunjang materi seminar itu merupakan hasil penelitian TTG Agroindustri dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Di antaranya dari Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, dan Lampung.

"Dari Polinela sendiri ada 15 judul penelitian," ujarnya. Acara dibuka Agus Puji dari Kementerian Ristek dan Teknologi. Direktur Polinela Zainal Mutaqin mengatakan Polinela selalu berbenah diri menjadi perguruan tinggi pencetak insan profesional, cerdas, dan kompetitif. Keberhasilan Polinela meraih sertifikasi ISO 9001:2008 dari SAI Global juga menjadi bukti kemajuan Politeknik Negeri Lampung ini diusianya yang ke-25 tahun. Dengan sertifikasi ISO tersebut prosedur mutu yang dilaksanakan di Polinela telah berstandar internasional. RIN/S-1


http://www.lampungpost.com/cetak/berita.php?id=2009040106253824

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ya

Lowongan Kepala Afdeling

Kepala Afdeling PT Union Sampoerna Triputra Persada                          Requirements Berusia antara 25 - 35 tahun Pendidik...